A. Latar belakang Masalah
Semangat kekeluargaan dan gotong royong merupakan ciri khas yang sudah
lama berkembang sejak kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia.wujud nyata dari
gotong royong dapat dilakukan dengan kegiatan bakti sosial.
Untuk menumbuhkan Sifat kekeluargaan dan gotong royong perlu sebuah aksi
nyata yaitu Aksi berbagi peduli ditengah pandemic atau disingkat (PELANGI).
Dengan adanya aksi ini diharapkan akan tumbuh jiwa gotong royong dan kepedulian
sosial dari siswa
Kegiatan Bakti Sosial ini
adalah salah satu wujud saling peduli
guna membantu meringankan beban
masyarakat yang terdampak Covid-19 , karena
Situasi pandemic Covid-19 ini sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat, sehingga
berbagai bantuan sangat di butuhkan oleh masyarakat.
Sebagai bentuk
keperdulian terhadap masyarakat yang terdampak akibat Virus Corona (Covid-19),
SMP Negeri I Kandangan langsung turun ke
Desa untuk melihat kondisi masyarakat dan wali murid yang terdampak dengan membagikan sembako kepada mereka yang membutuhkan. Dengan adanya keperdulian
seperti ini diharapkan bantuan sembako ini bisa sedikit meringankan masyarakat
yang terdampak Virus Corona (Covid-19)
Pemerintah kabupaten
Temanggung Melalui gugus tugas COVID 19 menyatakan bahwa kondisi daerah masih
rawan penyebaran virus Corona 19. Diperlukan kehati hatian dan prosedur yang
ketat guna menanggulangi virus ini tapi disisi lain ada warga sekolah yang
memerlukan kepedulian untuk meringankan beban masyarakat. Ada dilemma etika
yang harus dicarikan jalan keluar. Bagaimana meringankan beban masyarakat
tetapi juga terjaga kesehatan warga sekolah
B. Dilema
etika
Disini saya berdiskusi bersama Bapak Ibu Guru, sekaligus menularkan apa yang saya ketahui tentang dilema etika. Dimana dalam pengambilan keputusan terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan yaitu 9 langkah untuk menganalisis pengambilan keputusan.
Pada akhirnya
kami memutuskan untuk tetap mengadakan Kegiatan Aksi Pelangi dilakukan
menyerahkan bantuan ke rumah dengan
penerapan Prokes. Dengan kolaborasi guru
dan siswa/Osis
A.
Pemetaan asset
Setelah
menagnalisis dilema etika pelaksanaan penumbuhan jiwa gotong royong melalui
Aksi Sosial kami lanjutka berdiskusi tentang pemetaan Aset.kami petakan potensi
yang dimiliki sekolahan untuk mensukseskan program tersebut . Pemetaan potensi
sekolah terlihat pada tabel dibawah
B.
Pendekatan Inquiry Apresiatif dalam Aksi
Pelangi
Dalam pelaksanaan Aksi
Pelangi Pemberian bantuan dilakukan dengan mendatangi warga berdasarkan daftar yang telah ditentukan sebelumnya, hal ini
dilakukan untuk melihat kondisi penerima bantuan secara langsung sekaligus
memotivasi mereka agar tetap semangat dalam menjalani hidup sehingga pemberian
bantuan dapat tepat sasaran,Sebuah pertanyaan Bagaimana
menumbuhkan jiwa kegotong royongan melalui Aksi Pelangi dapat terlaksana ?
Dengan melihat banyaknya masyarakat dan wali murid yang masih
memerlukan bantuan , maka rencana kedepan SMP Negeri I Kandangan secara akan
rutin mengadakan bakti sosial sebagai wujud kepedulian terhadap sesama di
lingkungan sekitar. Pembagian sembako kepada masyarakat dan wali murid
merupakan salah satu bentuk pengalamalan sila ke 2 dari pancasila
yang didalamnya mengandung beberapa pelajaran yang dapat di petik antaralain :
Pelaksanaan
kegiatan bakti sosial di SMPN I kandangan di lakukan berdasarkan :
1. Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupatean
Temanggung Nomor 800/446 Tahun 2020 tanggal 15 Maret 2020 Tentang Pedoman
Pelayanan Langsung Kepada Masyarakat di Lingkungan Perintah Daerah Kabupaten Temanggung Dalam
Rangka Peningkatan Kewaspadaan Menghadapi Virus COVID-19 di Kabupaten
Temanggung
2. Instruksi
Presiden Joko Widodo tentang upaya meringankan beban masyarakat terutama
kebutuhan pokok, usai beliau mengikuti acara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Via daring di Jakarta, Senin (1/6) Merdeka Com Senin, 1 Juni 2020 12:17Reporter : Dedi Rahmadi
3.
Sudah beberapa kali SMP N 1 kandangan
melakukan Aksi sosial berbagi
Untuk dapat
mewujudkan sikap peduli dengan berbagi ini, SMPN I Kandangan menggali mimpi dengan melakukan hal-hal
sebagai berikut : mentasarufkan infaq siswa dari program infaq jumat sebelum
pandemi, menghimpun dan mentasarufkan infaq guru dan karyawan di awal pandemi,
mentasarufkan Aksi Pelangi guru dan karyawan SMPN I Kandangan
1.
Meningkatkan rasa empati terhapap
masyarakat dan wali murid yang terdampak pandemic
covid -19
2.
Menngkatkan kepekaan sosial terhadap
sesama di lingkungan sekitar
3. Membantu meringankan beban ekonomi bagi
masyaralat dan wali murid kurang mampu
4. Terjaganya
warga sekolah dari virus corona
Setelah rencana aksi peduli
dengan berbagi selesai, SMP Negeri 1
Kandangan menjabarkan ide dengan ikut serta menyalurkan bantuan sembako kepada orang tua siswa yang dilakukan sebagai
berikut :
·
BENTUK KEGIATAN
1. Menumbuhkan jiwa kegotong royongan
melalui Aksi Pelangi
·
WAKTU DAN
TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan
PembagianAksi Pelangi akan
dilaksanakan besuk pada:
Hari : Senin
Tanggal : 16 Juni 2021
Waktu :
Jam 07:00 sampai selesai
Tempat : SMP Negeri 1 Kandangan
·
PESERTA
KEGIATAN
Kegiatan
ini diikuti oleh seluruh Bapak / Ibu Guru beserta karyawan SMP Negeri 1 Kandangan
Temanggung.
·
SUSUNAN PANITIA
1.
Penanggung jawab : Endah Suryandari Martani,
S.Pd., M.Pd.
2.
Pendamping Ketua : Drs. Miftakhul Arifin
3.
Pendamping Wakil ketua : Joko Kuncoro,S.Pd
4.
Pendamping Sekretaris : Eka Erviana, S.Pd.
5.
Pendamping Bendahara : Nur Khoiriyah, S.Ag.
6.
Anggota : Sri Rejeki, S.Pd.
Endah Retno Pratiwi, S.Pd
Hanif Aditya. S.D., S.Pd.
Panitia
PembagianAksi Pelangi siswa
1.
Ketua : Erlin Nayla B
2.
Wakil : Hera Sri Setya
3.
Sekretaris : Irna Zahra A.
4.
Bendahara : Anisa A
5.
Distribusi : A. Dwi Amanda
Sumber dana : Aksi
Pelangi guru dan karyawan Rp. 7.000.000.
Pengeluaran:
1.
60
orang x @ 100.000 =
6.000.000
2.
Transpot
+ amil =
1.000.000 +
Jumlah =
7.000.000
Dalam pengaturan Eksekusi Program Pendistribusian sembako dilakukan dengan membentuk
tim gugus covid dengan langkah
sebagai berikut :
1. Rapat
penyusunan kepanitiaan
1. Membeli sembako di warung terdekat dengan jumlah sesuai yang akan didistibusikan
1.
Melengkapi Panitia dengan Prosedur Prokes
2.
Mengunduh data siswa yang tidak mampu
lewat Dapodik dan musyawarah dengan wali kelas
3.
Mengkoordinasikan
petugas yang akan mendistribusikan langsung kepada masyarakat dan wali murid,
4.
Menentukan
jumlah armada yang akan di gunakan untuk mendistribusikan
sembako ke berbagai wilayah Kecamatan Kandanagan, Kecamatan Kaloran dan
Kecamatan Gemawang.
5.
Mengatur
waktu pelaksanaan pendistribusian paket sembako.
A. Rencana Monitoring,
Evaluasi, Pembelajaran, dan Pelaporan (Monitoring, Evaluation,
Learning, and Reporting)
1. Evaluasi dan
monitoring
· Input Kegiatan Aksi pelangi dilakukan pada tanggal 16 Juni 2021 yang diikuti guru dan karyawan. Sumber pendanaan dari Zakat infaq Siswa. Data siswa tidak mampu diambil dari Dapodik
·
Aktivitas
Kegiatan yang dilakukan aksi peduli berbagi dimasa Pandemi aksi ini kami
lakukan yang ke 5 kalinya dalam tahun ini . Deskripsi aksi berupa
pendistribusian bakti social pada siswa yang kurang mampu.
·
Tujuan Dengan aksi Pelangi siswa memiliki jiwa
gotong royong dan kepedulian sosial
·
Hasil
Adanya
data Dapodik siswa yang kurang mampu
Murid
bergotong royong mendistribusikan bantuan pada warga kurang mampu
Tersedianya
bantuan bagi warga kurang mampu
Terdistribusi
bantuan ke warga sekolah yang kurang mampu
Jiwa
gotong royong dan kepedulian sosial tumbuh di lingkungan sekolahyaitu hasil
cepat yang diraih dari satu kegiatan yang dapat berkontribusi terhadap tujuan
yang ingin dicapai (objective).
·
Dampak
Dengan Aksi pelangi mewujudkan profil pelajar pancasila yang peduli dan
bergotong royong.
·
Management
Resiko
Resiko
besar Data siswa dapodik salah sasaran berusaha kita minimalisir dengan kroscek
ke Wali kelas
Resiko
Sedang Rumah sulit dijangkau di minimalisir ditanyakan ke Wali kelas
2. Pembelajaran yang
didapat
·
Fact
(Fakta ): Catatan objektif tentang apa yang terjadi
Kegiatan memupuk
jiwa gotong royong dengan Aksi Pelangi dilaksanakan tanggal 16 Juni 2021 di SMP
N 1 kandangan kegiatan ini berupa pendistribusian bahan kebutuhan pokok kepada
keluarga kurang mampu di SMP N 1 kandangan
·
Feeling
(Perasaan): Reaksi emosional terhadap situasi
Perasaan
yang saya rasakan ketika mengusulkan kegiatan ini, ada perasaan ragu-ragu dan
dilema. Saya ragu-ragu dan takut, apakah kegiatan ini dapat berjalan dengan
baik? Apakah anak-anak akan senang untuk mengikutinya?
Setelah
kami melakukan kegiatan ini, saya merasakan senang, lega dan antusias. Saya
merasakan antusiasme yang sama dari anak-anak. Ternyata mereka juga merindukan
kegiatan dari sekolah. Karena dalam kondisi pandemi dengan pembelajaran daring,
sangat sedikit yang mereka peroleh dari sekolah. Dengan kegiatan ini, mereka
memiliki pengalaman yang mengesankan dalam kehidupan sekolah mereka..
·
Finding
(Temuan): Pembelajaran konkret yang dapat diambil dari situasi tersebut
Dari wawancara
beberapa siswa dan guru sikap kegotong royongan dan kepedulian sosial semakin
meningkat. Para siswa mulai mengerti kondisi temannya dan terbentuk jiwa
kepedulian sosialnya
·
Future
(Masa Depan): Menyusun pembelajaran digunakan di masa depan
Tentu besar
harapan saya, kegiatan ini tidak hanya berhenti disini. Ke depan saya merasakan
perlu adanya keberlanjutan dan berkesinambungan dari kegiatan ini. Mungkin
kegiatan ini dapat dilaksanakan pada tahun berikutnya. Ke depan saya juga
merasa perlu adanya kegiatan atau media yang dapat menumbuhkan jiwa kegotong
royongan melalui Aksi pelangi
1. Pelaporan
Dari kegiatan
yang telah kami laksanakan, dapat kami ambil beberapa kesimpulan atau
pembelajaran, antara lain :
·
Dalam pelaksanaan
kegiatan Aksi pelangi ada 3 anak yang dalam penyaluranya kurang tepat sasaran.Perlunya
survei lapangan untuk ,memastikan program tersebut tepat sasaran.
·
Perlu wadah untuk
mewadahi atau menumbuhkan sifat gotong royong dan kepedulian anak-anak.
·
Kegiatan
ektrakurikuler secara daring dapat dilaksanakan untuk kegiatan lain, misal Pramuka
dsb.
Tentu besar harapan saya, kegiatan ini tidak hanya berhenti disini. Ke depan saya merasakan perlu adanya keberlanjutan dan berkesinambungan dari kegiatan ini. Mungkin kegiatan ini dapat dilaksanakan pada tahun berikutnya
Komentar
Posting Komentar