Upacara bendera setiap hari senin adalah hal yang paling membosankan bagi setiap siswa.Setiap senin mereka disuruh berdiri untuk melakukan upacara tanpa memahami pentingnya kegiatan tersebut.Olehkarena itu perlu adanya inovasi didalam pelaksanaan upacara bendera agar tidak membosankan.Disini penulis berusaha menjabarkan iunovasi tersebut dengan langkah inquiry apresiatif atau BAGJA diharapkan agar pelaksanaan upacara lebih bermakna .
PRAKARSA PERUBAHAN |
Upacara bendera yang
berwarna dan dinantikan oleh seluruh
warga sekolah |
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan |
|
|
|
B-uat pertanyaan
(Define) |
Siapa perangkat
upacara Apakah perlu
mengenakan pakaian adat? Apakah ada pembacaan
visi misi dan menyanyikan Hymne Sekolah? Siapa Pembina
upacaranya? |
Setiap Kelas bermusyawarah
menetukan petugas upacara dilakukan dengan bergiliran Pada hari biasa menggunakan seragam sekolah dan tanggal 28
oktober upacara dilakukan dengan mengenakan pakaian adat Pembacaan visi misi
dan Menyanyikan dan Hymne Sekolah Pembina upacara
dijadwalkan dari unsur warga masyarakat yang sukses dibidangnya Muspika,kepala
sekolah, Waka, dan Guru guru dan siswa yang berprestasi |
A-mbil pelajaran
(Discover) |
Bagaimana
pelaksanaan upacara sebelumnya? |
Pembina upacara
hanya kepala sekolah dan wakasek Baju seragam upacara
hanya biru putih Siswa tidak tahu
hymne dan visi sekolah Petugas upacara
hanya petugas osis |
G-ali mimpi (Dream) |
Bagaimana pemilihan
perangkat upacara? Apakah perlu
mengenakan pakaian adat? Bagaimana unsur warga
masyarakat yang sukses dibidangnya Muspika,kepala sekolah, Waka, dan Guru
guru dan siswa yang berprestasi pembina upacara? Bagaimana visi misi
dan Hymne sekolah ada dalam kegiatan Upacara? |
Siswa
bergantian menjadi Perangkat upacara yang dikordinir osis dengan
mengedepankan minat siswa tanpa adanya tekanan Agar siswa bangga
terhadap kebudayaan daerahnya Dibuatkan jadwal unsur
warga masyarakat yang sukses dibidangnya,Muspika,kepala sekolah, Waka, dan
Guru guru dan siswa yang berprestasi untuk menjadi pembina upacara Diselipkan pada
Susunan upacara setelah menyanyikan lagu wajib membaca visi misi dan hymne |
J-abarkan rencana
(Design) |
Bagaimana
penjabarannya? |
Mengenakan pakaian
adat setiap tanggal 28 oktober Ketua Kelas akan
mencatat siswa yang akan menjadi Perangkat Upacara. Dan perangkat upacara ini
harus berasal dari hati nuraninya sendiri tanpa paksaan atau tekanan Dibuatkan jadwal unsur
warga masyarakat yang sukses dibidangnya,Muspika,kepala sekolah, Waka, dan
Guru guru dan siswa yang berprestasi untuk menjadi pembina upacara Visi dan Hymne
sekolah akan dimasukkan ke dalam susunan upacara bendera dan diletakkan
setelah menyanyikan lagu wajib nasional. |
A-tur eksekusi
(Deliver) |
Kapan Mula
dilaksanakannya |
Kegiatan Upacara
bendera ini a dilaksanakan di semster 2 Tahun Pelajaran 2020/2021, Saat
pembelajaran tatap muka sudah dapat dilaksanakan |
Upacara biasanya |
Upacara versi baru |
Perangkat upacara
dari kelas yag dipilih wali kelas |
Perangkat upacara
dari kelas namun diberikan kebebasan kepada siswa yang ingin menjadi
perangkat upacara tanpa adanya tekanan. Setelah itu barulah diadakan latihan
sebelum kegiatan upacara |
Memakai pakaian
seragam |
Setiap tanggal 28
oktober variasi menggunakan pakaian adat |
Visi misi dan hymne
Hymne sekolah tidak dimasukkan dalam susunan upacara bendera |
Visi misi dan hymne
Hymne dimasukkan dalam susunan upacara bendera yag letaknya setelah
menyanyikan lagu wajib nasional |
Pembina Upacara
hanya kepala sekolah dan waka saja |
unsur warga masyarakat
yang sukses dibidangnya,Muspika,kepala sekolah, Waka, dan Guru guru dan siswa
yang berprestasi untuk menjadi pembina upacara dibuatkan jadwal secara
bergiliran |
Komentar
Posting Komentar