Secara geografis SMP N 1 Kandangan terletak di pinggir kota temanggung dengan demografi kependudukan sebagian masyarakat bertani sayuran.SMP Negeri 1 Kandangan adalah sebuah sekolah yang mendapat predikat Adiwiyata Propinsi Lingkungan sekolah yang Asri dan nyaman semakin menjadi nilai tambah bagi lingkungan sekitar. Potensi yang mulai muncul di SMP N 1 Kandangan jika dapat digali dan dimanfaatkan maka akan semakin berdampak bagi kemajuan siswa .Pengelolaan berbasis asset memerlukan kerjasama dari setiap potensi yang ada dalam sekolah. Seperti sebuah Ekosistem maka hubungan timbal balik antara komponen hidup manusia dan lingkungan sekitar perlu demi kemajuan bersama
Dalam mewujudkan kemajuan bersama berlandaskan
asset perlu adanya pemetaan 7 Aset Utama yang mampu mendukung VIsi sekolah,
Tujuh asset utama diantaranya Manusia,Sosial,Fisik,Lingkungan
,Finansial,Politik dan Agama. setelah potensi sekolah dipetakan selanjutnya
diorganisir dan dikembangkan untuk mewujudkan tujuan sekolah. Kerjasama Orang
tua guru,Siswa Karyawan dan masyarakat dari setiap komponen diperlukan demi
mewujudkan misi sekolah
Aset
sekolah dapat dipetakan menjadi 7 ( tujuh) aset utama, yaitu :
1.
Modal manusia,
mempunyai kepala sekolah yang inovatif selalu ingin maju guru yang solid mempunyai kompetensi dan paham it, siswa
yang berpotensimasyarakat yang ikut berperan serta aktifkomite yang mendukung
2.
modal sosial, warga masyarakat dengan
pihak sekolah yang
saling percaya,
dapat bekerja sama dengan baik, dan saling menghargai.pgri,mgmp,pramuka
adanya komunitas-komunitas di sekitar sekolah yang dapat diajak kerjasama .
3. modal fisik, secara keseluruhan modal fisik yang di
miliki 24 kelas, ruang guru,tutu,lab ipa,3 lab tik,ruang perpustakaan,aula
pertemuan, lapangan yang tersedia dan dalam kondisi yang baik.bangunan-bangunan di sekitar sekolah
yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan sekolah seperti balai desa, puskesmas, lapangan
dan sebagainya 4.
4.
modal lingkungan, sebagai sekolah berwawasan lingkungan sekolah adiwiyata, lingkungan pertanian, perkebunan
berupa kopi, tembakau,
hasil hortikultura, ruang terbuka hijau, dan udara
yang masih segar serta tidak banyak polusi.
5.
modal finansial,
kegiatan operasinal sekolah menggunakan dana bos dan swadaya komite, sekolah
mempunyai kantin dengan pengeloalaan sewa sehingga menambah pemasukan sekolah.
peran alumni juga membantu sekolah dalam pemenuhan pembelajaran siswa, kegiatan
kesiswaan dan praktik yang dilaksanakan di sekolah.
6.
modal politik, situasi
warga sekolah yang kondusif dan rukun.dukungan dari
kepala desa, dukungan koramil kepolisian dan orangtua/wali
murid atau alumni yang menjabat dalam
pemerintah di daerah.
7.
modal agama dan budaya, kegiatan
ibadah dan pembiasaan keagamaan yang diadakan rutin di sekolah.lingkungan yang agamis, toleran, qiroah, kesenian rebana, kesenian topeng
ireng, kesenian kuda
lumping, dan kesenian kubro siswo.
.
Ada
beberapa hal yang membuat kami berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya, yaitu ;
a. Apa yang
kami kuasai ?
Yang sudah kami kuasai sekolah berwawasan
lingkungan dengan penghargaan Adiwiyata Provinsi, Digitalisasi kurikulum dalam
menyongsong kemajuan Abad 21, Kemampuan IT dukungan komite, 3 Laboratorium
Komputer.
Kesolitan dari unsur sekolah yang mendukung
b. Apa yang
kami banggakan dari sekolah ?
Yang Kami Banggakan Dari sekolah kami adalah
Soliditas guru dan karyawan dalam mensukseskan program sekolah,Fasilitas
laboratorium TIK 3 Ruang Lab IPA dan menjuarai lomba Sepak Bola,Qiroah IPA OSn
kabupaten serta masuknya kami dalam Sekolah Adiwiyata Provinsi
c. Apa yang
Membuat kami Unik ?
Kekuatan yang membuat kami unik adalah
Soliditas guru karyawan, Kemauan belajar yang tinggi dibuktikan dengan adanya 4
Guru penggerak guru belajar KOmunitas praktisi Kejar komunitas guru belajar potensi
siswa dalam Silat Qiroah dan Olahraga .
d. Kekuatan
yang kami miliki dan berharga untuk masyarakat /komunitas sekitar?
Kekuatan
yang berharga adalah adanya kepercayaan dari masyarakat, akan prestasi dan
dedikasi peran, kepala sekolah, guru di sekolah, serta pengelolaan aset yang
ada di sekolah yang didukung sarana prasara yang lengkap.
e. Apa yang
sekolah lakukan dan miliki lebih baik dari sekolah lain ? dengan kesolitan sekolah
berusaha menuju pembelajaran Digital dengan mulai membangun laboratorium
Multimedia, pelatihan Digitalisasi kurikulum, serta pembenahan jaringan dan
memulai pemanfaatan TIK untuk menuju kurikulum Digital
Komentar
Posting Komentar